Notification

×

Iklan

Iklan

Jambore GPdI MD Riau Tahun 2024 Berjalan Dengan Sukses, Dihadiri Ribuan Peserta

Jumat, 28 Juni 2024 | Juni 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-28T08:16:12Z


Riau -- ISUETERKININEWS.COM Gereja Pantekosta di Indonesia Indonesia (GPdI) Majelis Daerah Riau mengadakan Jambore Pemuda Remaja selama 3 hari [Senin 24/6/2024 – Rabu 26/6/2024] di Pantekosta Center Jl. Damai Palas Pekanbaru. Pelaksanaan Jambore Daerah ini berjalan sukses dan lancar, 3 ribuan orang memuji Tuhan dan dilawat Tuhan. 


Acara ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Ketua MD GPdI Riau Pdt. DR (HC). PL Manullang M.Th, Utusan KP Pemuda Pdt. James Star Ginting,  Kadispora Prov Riau yg diwakili oleh Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Riau Helfandi, SE.M.Si dan Ketua Panitia Pdt. Pandapotan Pardede S.Th 


Bentuk kegiatan Jambore Daerah ini adalah berupa perkemahan (menginap dalam tenda) yang diadakan saat liburan semester kenaikan kelas. Selain dalam rangka mengisi masa liburan pemuda remaja GPdI, juga menjadi ajang fellowship rohani terbesar di Riau karena yang berkemah mencapai 3 ribuan orang. 


Dalam data panitia, Jambore Daerah tahun 2024 ini diikuti lebih dari 2.900 Pemuda Remaja dan 300 Hamba Tuhan yang memadati lahan satu setengah hektar milik GPdI Riau. 

Panitia menghadirkan 3 orang pembicara dari luar daerah,  yaitu Pdt. James Star Ginting dan Pdt. Krispus Surbakti dari Medan dan Pdt. Michael Ponelo dari Jakarta. Dan 1 orang pembicara dari Riau Pdt. Otniel Rumbai.


Ketua MD GPdI Riau dalam kata sambutannya menyampaikan terimakasih atas kerja keras panitia untuk menyelenggarakan acara jambore. “Beberapa hari sebelum pelaksanaan Jambore ini hujan lebat setiap hari terjadi, puji Tuhan, hari ini cerah.” ungkap Pdt. Manullang yang juga sebagai Departemen Penggembalaan MP GPdI.


Hal senada juga disampaikan Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Riau Helfandi, SE.M.Si. yang kagum dengan kegiatan akbar yang dilakukan gereja GPdI. 

" Selama saya mengikuti perkemahan, ini adalah perkemahan terbesar yang pernah saya hadiri" kata Helfandi dalam sambutannya.


Ketua Panitia Jambore Daerah Riau, Pdt Pandapotan Pardede S.Th dalam laporannya menyampaikan syukur karena terlaksananya kegiatan Jambore Daerah tahun 2024. 

“Saya percaya ini terlaksana karena Perkenanan Tuhan” ungkapnya. 

Adapun Tema yang diangkat dalam Jambore Daerah kali ini adalah Rise Up, Your Time is Now  yang berlandaskan ayat Firman Tuhan dalam I Petrus 2:9.

  "Kiranya pemuda remaja GPdI bisa bangkit, tangguh, bertanggungjawab dan bersemangat." harap Pandapotan Pardede, Ketua KD PELRAP Riau.


Sekretaris MD GPdI Riau Pdt. Lius Aring M.Pd., M.Th selaku Ketua Sterring Comitee (SC) Jambore Daerah tahun 2024 mengungkapkan rasa syukur atas sukses terlaksananya Jambore kali ini. "Puji Tuhan, Jambore ini terlaksana dengan sukses juga karena dukungan semua gembala-gembala se daerah Riau. Jambore ini perdana diadakan ditanah milik GPdI Riau yang kita semua gembala-gembala beli secara bergotong royong." ungkap Gembala GPdI Elshaday Moroni Dumai.


Kapolsek Rumbai AKP Sardianto, SE disela-sela kegiatan Jambore datang meninjau berkeliling lokasi dan memberikan apresiasi kepada Pemuda GPdI dan Panitia Jambore. "Jambore ini kondusif, semua peserta tertib dan persiapan panitia juga sudah bagus." Ungkap Kapolsek Rumbai.

Bripka Dodi Witno Manalu Babinkantibmas Palas juga mengapresiasi kegiatan Jambore. "Ini kegiatan terbesar Perkemahan yang saya ikuti. Luar biasa antusias dan ketertiban pemuda remaja GPdI Riau. Salut saya." Puji Pak Polisi yang dikenal murah senyum ini.


Selain kegiatan ibadah KKR dan Seminar di Jambore juga diadakan Festival Band dan Tambourin. Juara Festival yaitu juara 1 Wilayah 7, juara II Wilayah 17 dan juara III Wilayah 3. Sedangkan untuk Tamborin: juara I Wilayah 7, juara II Wilayah 12 dan juara III Wilayah 10.


Dihari terakhir sebelum ibadah penutupan diadakan Ibadah Baptisan Air, ada 140 orang pemuda remaja yang memberi diri dibaptis selam. Dan diadakan doa khusus bagi 25 orang pemuda remaja yang terpanggil menjadi Hamba Tuhan dan mengikuti pendidikan di Sekolah Alkitab Riau (SAR).


Dalam Ibadah penutupan, KKR yang dipimpin Ketua MD GPdI Riau Pdt DR (HC) PL Manullang, M.Th diisi dengan perjamuan kudus ditandai memakan roti tak beragi dan anggur sebagai simbol penyatuan darah dan daging Yesus Kristus.

Pdt PL Manullang menegaskan pemuda remaja harus memiliki kesetiaan "Sekali Yesus tetap Yesus, sekali GPdI tetap GPdI." Tegasnya disambut teriakan amin oleh peserta.


Diujung kegiatan Ketua Panitia mengundang seluruh panitia berdiri dan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berperan aktif serta mensuport kegiatan perkemahan mulai dari awal hingga berakhir dengan sukses.

“Kami selaku panitia pelaksana Jambore Daerah pemuda remaja GPdI mengucapkan terima kasih bagi seluruh pembicara baik KKR, pemateri sesion, Pemerintah setempat yaitu RT, RW, Kelurahan Palas, petugas keamanan dalam hal ini Kepolisian, Dinas Kesehatan didalamnya Puskemas Muara Fajar Pekanbaru, Pemuda PP dan semua pihak yang sudah terlibat langsung. Terimakasih juga kepada gembala sidang serta semua peserta yang sudah mengikuti dengan baik semua kegiatan Jambore selama 3 hari,” ucapnya.


Sekretaris Panitia dan juga Ketua KD PELPAP Riau Pdt. Vendry Aring M.Pd kepada Awak Media mengatakan kegiatan Jambore Daerah adalah batu loncatan untuk kegiatan-kegiatan yang lebih besar lagi di GPdI Riau kedepannya. "Kegiatan Jambore ini batu loncatan, kedepannya kegiatan-kegiatan yang lebih besar lagi akan bersama dikerjakan PELPAP dan PELRAP MD GPdI Riau." Ungkap Wakil Gembala GPdI Perawang Siak.


“Terimakasih dan apresiasi kepada semua pemuda remaja yang hadir dalam Jambore kali ini.

Kami dari bagian Pembinaan Lapangan dan keamanan yang dibantu Aparat TNI AU menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengurus Wilayah 1 - 19 apabila dalam penegakan aturan dan disiplin telah melukai perasaan peserta. Semua dilakukan supaya tujuan Jambore yaitu pembinaan Rohani, Mental dan Jasmani dapat tercapai." tutup Pdt. Anton Situmeang M.Pd Koordinator Pembinaan Lapangan di acara penutupan. (Anton Situmeang)

×
Berita Terbaru Update